Budaya/WisataNasionalPendidikanTopik Terkini

MTQ Kecamatan Sungai Aur, Ditabuh

Pasaman Barat, wahanapendidikan.com – Musyabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Sungai Aur, Jumat (26/8) siang, ditabuh.Hadir pada pembukaan MTQ itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, diwakili Kasi Bimas (Bimbingan Masyarakat) Islam, Ronaldi, sekaligus memberikan sambutan pada kegiatan itu.

MTQ yang diresmikan Wakil Bupati, Risnawato itu, dihadi Sekretaris Daerah, Hendra Putra, kepala OPD (Organisasi Pemerintah Daerah) di lingkungan pemerintah daerah Pasaman Barat, camat, walinagari, tokoh masyarakat, dan undangan.

Kepala Kantor, diwakili Kasi Bimas Islam, Ronaldi, menyampaikan, membaca, memahami dan mengamalkan isi kandungan Alquran bagi setiap muslim, bukan sekedar menjalankan ibadah dan meningkatkan kualitas iman dan amal setiap muslim.

Magrib mengaji dan tahfidzul qur’an, seperti yang dicanangkan pemerintah daerah Pasaman Barat saat ini, patut didukung serta dialokasikan secara bersama. Hingga saat ini, gerakan magrib mengaji dan tahfiz qur’an, sebagai program perioritas bupati bersama wakilnya, yang ditindaklanjuti segenap perangkat daerah Pasaman Barat, harus dikung dan dilaksanakan secara bersama.

Kementerian Agama, khususnya Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, ulas Ronaldi, pihaknya merasa bangga dalam menyambut MTQ di tengah masyarakat, seperti dilaksanakan tingkat keamatan Sungai Aur di alun-alun Rumah Gadang Nagari Sungai Aur.

Untuk itu, pihaknya berterimakasih kepada semua pihak yang peduli dan berpartisipasi menyukseskan kegiatan ini. Selain itu, pihaknya juga merasa optimis, bahwa MTQ tingkat kecamatan, yang diikuti 450 peserta, utusan dari 22 kejorongan se Kecamatan Sungai Aur.

Wakil Bupati, Risnawato, ketika meresmikan, dimulainya MTQ tingkat kecamatan itu mengakui, membaca, memahami dan mengamalkan isi sekaligus kandungan ayat-ayat al-quran di tengah masyarakat, bukan sebatas impian atau harapan di tengah-tengah masyarakat. pelestarian syiar Islam, dengan membudayakan program tadarus al-quran pada setiap rumah warga hingga ke tingkat jorong, merupakan agenda primadona pemerintah daerah.

“Kegiatan ini merupakan wadah untuk mengukur keberhasilan Taman Pendidikan Qur’an (TPQ), Madrasah Diniyah Taklimiyah Awaliyah (MDTA), dan pondok Al-Qur’an yang ada di tengah masyarakat”, kata Risnawato,

Camat Sungai Aur, Armaison, didampingi Penghulu di wilayah kerja KUA setempat, Yazid, usai pembukaan MTQ itu menyampaikan, musyabaqah yang diikuti 425 dari 22 kejorongan se kecamatan, dengan
beberapa cabang lomba yang diselenggarakan selama MTQ tiga hari ini dilaksanakan.

Di antara cabang lomba yang dilaksanakan adalah, Cabang bintang qasidah, tahfiz qur’an, Tartil, fahmil qur’an, dan sebagainya. (Jai/rajo)

POS TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button