PendidikanSekolah DasarTopik Terkini

Seiring Wisuda Tahfiz dan Khataman Alquran, SDS IT Cahaya Makkah Gelar Perpisahan Siswa Angkatan V tahun 2022

Pasbar, wahana pendidikan.com- Sebagai wujud rasa syukur karena murid – murid dan guru, telah bisa mencapai target hafalan, SD Swasta IT Cahaya Makkah menggelar Wisuda Tahfiz dan Khataman Alquran pada Selasa (31/5) di Aula Kampus Yappas Pasaman Kecamatan Luhak Nan Duo.

Kepala sekolah Satria, S.Pdi yang ditemui sesaat sebelum berlangsungnya acara mengatakan bahwa, kegiatan ini juga untuk memberi kegembiraan bagi peserta didik dan memotivasi mereka beserta guru – guru, yang juga ikut serta dalam program tahfiz.
Sebanyak 196 orang murid dan 7 orang guru diwisuda dan khatam Alquran, dengan 50 orang tergolong Mumtaz atau istimewa, sehingga mendapatkan hadiah berupa Piala. Tak hanya murid, sekolah ini juga memberikan penghargaan kepada Pimpinan, Guru dan Karyawan Berprestasi, dengan 8 macam kriteria.
Kriteria tersebut diantaranya, Pimpinan Guru dan Karyawan berdisiplin, Guru dan Karyawan yang rapi, bersih dan berseragam, Guru mengajar yang menyenangkan, Guru yang ramah menurut orang tua wali murid, Guru dan Karyawan penggiat Adiwiyata, dan Lokal yang selalu bersih.
Dalam hal ini, kepala SDS IT Cahaya Makkah Satria, S.Pdi, turut menerima penghargaan sebagai Pimpinan Guru dan Karyawan Berdisipilin, karena tidak pernah absen dan datang terlambat ke sekolah, berdasarkan data absen pinjer print.
Sebagai kepsek yang luar biasa disiplin dan kreatif, Satria, S.Pdi mendapat pujian dari Anggota DPRD Sumbar Hj.Yunisra Syahiran. Dirinya menilai bahwa, prestasi kepsek Satria, S.Pdi, bisa menjadi contoh dan tauladan bagi sekolah lainnya, untuk kemajuan Pasaman Barat.
Seperti diketahui, Hj. Yunisra Syahiran dan keluarga, semenjak Almarhum Syahiran menjadi Bupati, selalu ikut membantu pendanaan acara di sekolah. Total dana penyelenggaran kegiatan ini mencapai Rp. 100 jt, yang didanai Yayasan, bersama Komite dan Orang tua wali murid.
Acara ini, turut dihadiri oleh Bupati Pasaman Barat H. Hamsuardi beserta Assisten dan Staff Ahli Pemkab Pasbar, Polres Pasbar, Dinas Pendidikan, Kadis Kesehatan Jon Hardi, S.Km dan Anggota DPRD Sumbar Hj. Yunisra Syahiran. Sedangkan untuk Perpisahan Siswa Angkatan V tahun 2022, diikuti sebanyak 95 murid kelas VI beserta orang tua mereka.
Dalam kata sambutannya, Bupati Hamsuardi memberikan appresiasi kepada SDS IT Cahaya Makkah, yang selama ini telah berpartisipasi dalam mensukseskan program Pemkab Pasbar dalam bidang pendidikan.
“Tahfiz dan magrib mengaji merupakan salah satu program Pemkab Pasbar di bidang pendidikan dan Yayasan Cahaya Makkah, selama ini telah ikut mensukseskannya, dengan adanya pendidikan tahfiz. Anak – anak ini, telah mempunyai basic hafalan yang sangat baik, maka lanjutkanlah”, tegas Hamsuardi.
Kepada 95 murid kelas VI yang telah menyelesaikan pendidikannya di sekolah ini, Pimpinan Yayasan Cahaya Makkah H. Darmansyah, Lc.MA berpesan, agar mereka terus menambah hafalan dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Senada dengan pimpinan Yayasan, kepala SDS IT Cahaya Makkah Satria, S.Pdi, meminta alumni Angkatan V, untuk melanjutkan pendidikan, memperdalam ilmu Alquran, menjaga nilai – nilai dan karakter yang telah dibentuk.
“Selamat jalan anak – anak kami Angkatan V tahun 2022, lanjutkan pendidikan,  teruslah belajar, dan pertahankan nilai – nilai serta karakter yang telah dibangun selama ini”, pesan Satria.
Rasa haru dan linangan air mata murid dan majelis guru, terlihat saat acara perpisahan. 95 murid Angkatan V, mesti meninggalkan sekolah yang mereka cintai, demi melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Acara ditutup dengan doa, dan dilanjutkan dengan saling bermaaf – maafan antara alumni, majelis guru dan orang tua wali murid, serta foto bersama. (Zein)

POS TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button