Libatkan Seluruh Lapisan Masyarakatkan di Bidang Olahraga, Dispora Pasbar Raih Prestasi Membanggakan

0
17

Pasbar, wahanapendidikan.com-Untuk mewujudkan partisipasi masyarakat, agar menjadikan olahraga sebagai kebutuhan dan gaya hidup, sehingga masyarakat menjadi sehat, memiki jiwa fair, tangguh, dan daya tahan tubuh kuat, serta memiliki karakter yang baik, seperti sabar, jujur dan sportif.

Selain itu, untuk membangun hubungan sosial masyarakat, menjalin sillaturahmi, serta membangun prestasi olahraga, baik di tingkat pendidikan dan masyarakat pada umumnya.
Untuk itu, Dispora Pasbar melibatkan melibatkan seluruh lapisan masyarakat sebagai pelaku olahraga, yakni masyarakat umum, disabilitas dan anak – anak usia pendidikan, termasuk instansi dan lembaga pemerintahan serta swasta, berdasarkan UU No. 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan.
Demi mewujudkan partisipasi seluruh masyarakat berdasarkan UU No. 11 tahun 2022, Dispora Pasbar melakukan sejumlah upaya, yang antara lain, Pembinaan, penyelenggaraan tournament, partisipasi mengikuti Kejuaraan Daerah dan Nasional, serta pembangunan Sarana dan Prasana Olahraga, sesuai standar keolahragaan.
Informasi ini diungkapkan oleh Kadispora Pasbar Media Fitra, S.Pd melalui Kabid Pembudayaan Olahraga Adrian, SE, yang ditemui di ruang kerjanya pada Selasa (21/6).
Adrian menjelaskan bahwa, di bidang pembinaan, Dispora Pasbar melaksanakan Diklat Sepakbola dan Bola Voli tahun 2022, untuk meningkatkan prestasi daerah dan sebagai persiapan mengikuti Porprov 2023.
Sedangkan untuk penyelenggaraan tournament, Dispora telah menyelenggarakan Bupati Cup Perdana tahun 2022 beberapa waktu yang lalu, untuk olahraga Sepakbola dan Voli antar Nagari se Pasaman Barat.
Trophy Sepakbola berhasil direbut Nagari Air Bangis, Juara Voli Putra diraih Nagari Ujung Gading dan Juara Voli Putri oleh Nagari Lingkung Aua.
Selain menyelenggarakan tournament Bupati Cup, Dispora juga berpartisipasi dalam sejumlah Kejuaraan, yang antara lain Peparda ( Pekan Paralimpic Daerah ) tingkat Sumbar tahun 2021, di Kejuaraan ini, Pasaman Barat berhasil merebut Juara 2 Catur Tuna Netra Putra, Juara 3 Catur Tuna Netra Putri dan Juara 3 Bulu Tangkis Tuna Grahita.
Dispora Pasbar juga mengikuti Kejurda Tenis Meja tingkat Sumbar di Padang tahun 2022 dan berhasil meraih 4 medali, 3 medali perak dan 1 perunggu.
Dengan sejumlah prestasi olahraga yang berhasil di raih Pasaman Barat, Adrian berharap prestasi tersebut,  menjadi motivasi bagi pelaku olahraga di daerah ini, agar lebih baik lagi kedepannya.
“Semoga prestasi yang diraih Pasaman Barat di bidang olahraga, menjadi motivasi bagi pelaku olahraga di daerah ini, agar terus berlatih dengan giat dan tekun, sehingga ikut mengharumkan nama daerah ini, baik di tingkat Sumbar, maupun Nasional”, harap Adrian.
Sedangkan Kejuaraan lainnya yang sedang diikuti Pasaman Barat antara lain, Kejurda Pencak Silat yang berlangsung di Solok Selatan dan Tanah Datar.
Selanjutnya, Festival Olahraga Rekreasi Nasional  ( FORNAS VI ) yang diikuti oleh Ikatan Olahraga Senam Kreasi Indonesia ( IOSKI ), yang berlangsung di Sumatera Selatan. (Zein)